Empat Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Sriwijaya Meraih Prestasi dalam Kegiatan SMEEC

SMEEC (Rising Up Creativity Of 2 Small Medium Enterprise Empowerment Competition) merupakan ajang penyelenggaraan lomba mengenai Empowerment Busniess Plan. Lomba ini diadakan untuk mengembangkan 8 UMKM binaan Pertamina RU III Plaju Kota Palembang yaitu Musi Craft, Brownis Plajoe, Manisan Buah Segar Bu Susi, Plaju Herbal Tea Jamiah, Kerajinan Anyaman Bambu, Madu Murni Kurnia Kelulut, Craft Bu Mass, Aneka Keripik Bu Andre. Kegiatan ini diadakan oleh Pertamina RU III Plaju dan Antaradjaya.

Adapun tujuan acara ini adalah sebagai sarana pengembangan kreatifitas mahasiswa dalam menciptakan pribadi yang inovatif, untuk meningkatkan jiwa kompetisi mahasiswa supaya lebih unggul dan siap dalam menghadapi persaingan bisnis, untuk mengembangkan UMKM masyarakat Kota Palembang, dan sebagai sarana pemberian stimulus terkait mengembangkan suatu usaha kepada mahasiswa melalui kegiatan mentoring.

Dalam tahap penyisihan, panitia melakukan seleksi infografis dari seluruh kelompok yang telah mengunggah. Panitia menetapkan 12 kelompok terbaik dari seluruh tim yang telah mendaftar. Dari ke-12 kelompok terbaik menyiapkan powerpoint untuk mempresentasikan infografisknya dihadapan juri. Presentasi infografis, dilakukan secara online selama 25 menit oleh masing-masing kelompok.

Kemudian di tahap final, setelah melakukan presentasi dihadapan juri, panitia akan mengumumkan 8 kelompok terbaik untuk lanjut dalam pengembangan UMKM. Kelompok yang masuk final hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) UMKM Pertamina RU III Plaju untuk dikembangkan secara lanjut. Peserta akan diberikan intensif sebesar Rp. 3.000.000 dari panitia dalam rangka pengembangan UMKM, dan tidak diperkenankan menggunakan modal usaha diluar dari dana yang telah diberikan oleh panitia.

Salah satu mahasiswa Teknik Mesin UNSRI, Insani Arif Gatmir, beserta temannya dari Fakultas Teknik UNSRI berhasil menggaet Juara 1 dalam kegiatan ini. “Untuk proses inovasi kurang lebih selama 6 bulan dari tahun 2022, banyak hal dan pengalaman di dapatkan di kompetisi ini karena terjun langsung di dunia masyarakat dan perekonomiannya Dalam masa inovasi, banyak hal yang kami bantu untuk Bu Susi dalam memajukan UMKMnya diantara lain : membantu membuat Sertifikat NIB – IRT, membantu ide inovasi produk ( manisan kering, minuman sari buah bu Susi, tumpeng manisan dan parcel manisan), membantu penjualan dalam digital / media sosial, menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar rumah Bu Susi. Dan alhamdulillah kemarin mendapatkan Juara 1 diantara 8 tim yang berkompetisi , sungguh pengalaman dan ilmu yang sangat berkesan dan bermanfaat”, ujar Insani.

Tidak hanya jura 1, tetapi begitu pula Juara 2 diemban oleh para mahasiswa Teknik Mesin UNSRI, yaitu Rizky Rian Saputra, Putri Ramadhania, dan Restu Wijaya Mufti. Rizky DKK membina UMKM MusiCraft berupa anyaman tali jali dan tali meiwa.

Rizky mengatakan bahwa acara SMEEC ini merupakan momentumnya bersama tim untuk belajar bagaimana menuangkan ide untuk membantu mengembangkan umkm baik dari segi peningkatan kualitas produk, pemasaran produk, dan menjadikan produk tas berbahan dasar tali plastik tali jali ini menjadi trend fashion baru.

Rizky juga berkata,” hal yang paling berat adalah konsisten dalam melangkah untuk maju. Terkadang semangat untuk terus berinovasi kita menurun karena merupakan hal wajar seorang manusia, namun hal hebatnya adalah ketika kami (Threevenger) saling membantu dan menyemangati satu sama lain untuk terus bangkit dan berjuang bersama hingga akhirnya alhamdulillah kami berhasil mendapatkan juara 2 di smeec indonesia 2023” Rizky berharap semoga dengan adanya program SMEEC ini, UMKM yang ada di kota Palembang  semakin maju dan berkembang serta mampu bersaing di pasar internasional.

Open chat
Selamat Datang di Website Prodi Teknik Mesin Unsri
Ada yang ingin ditanyakan?
Klik Open chat untuk mengirim pertanyaan melalui pesan WhatsApp