Mahasiswa Teknik Mesin Unsri Raih Juara 2 Poster Competition Tingkat Nasional

Kembali mengukirkan prestasi, mahasiswa Universitas Sriwijaya dari Program Studi Teknik Mesin memenangkan perlombaan MetalFest 2023 yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung. Di bawah naungan Dosen Pendamping Akbar Teguh Prakoso, Putri Ramadhania, Nova Ramadan, dan Restu Wijaya Mufti menyabet Juara 2 Kategori Poster Competition

Serangkaian perlombaan MetalFest sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Dengan perlombaan inti yang dimulai pada bulan Januari 2023. MetalFest 2023 untuk mengasah tingkat kekritisan dan penyelesaian masalah serta wadah menuangkan kreatifitas dan mengembangkan gagasan dalam bentuk poster. Poster Competition diadakan dengan tujuan sebagai sarana kompetisi yang suportif bagi para peserta untuk memberikan informasi serta pengetahuan-pengetahuan yang berkaitan dengan metalurgi.

Tema pada perlombaan ini adalah “Development of Energy and Mineral Utilization to Achieve Sustainable National Resilience“. Perlombaan ini berada pada tingkat nasional dengan peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi swasta dan negeri yang ada di Indonesia. Dengan total 42 peserta dari lomba Poster Competition.

Putri, ketika dihubungi pada Jumat (26/2) menyampaikan rasa gembiranya ketika menjuarai MetalFest 2023. “Saya senang sekali menjuarai perlombaan ini. Terlebih lagi, ini adalah kali pertama saya dan lomba ini merupakan perlombaan bergengsi dengan peserta yang cukup banyak,” ungkapnya.

Pada MetalFest 2023, Putri dan tim menampilkan Tungku Pengecoran Logam yang ditambahkan filtrasi berupa CaO . Tungku tersebut diberi singkatan nama GeoHeat. Tungku ini sendiri berbahan bakar briket batubara agar menekan biaya bahan bakar selama proses pengecoran. Filtrasi CaO yang digunakan untuk mengfiltrasi polutan sepeti SOx, NOx, dan NOx. Kesulitan dari pembuatan tungku pada perlombaan ini terletak pada penambahan CaO pada tungku itu sendiri. “Kesulitan yang kami hadapi terdapat pada proses pendesainan tungku, yakni peletakkan CaO yang harus disesuaikan dengan sistem pengecoran logam agar polutan yang dihasilkan berhasil difilter oleh CaO secara maksimal,” imbuhnya lagi.

Melalui perlombaan ini, Putri dan Tim juga mengajak mahasiswa UNSRI khususnya mahasiswa Fakultas Teknik untuk mencoba kegiatan atau perlombaan untuk menambah pengalaman. “Saya harap mahasiswa Fakultas Teknik dapat aktif mengikuti berbagai kegiatan atau perlombaan yang berasal dari luar kampus sebagai bentuk evaluasi kemampuan diri sendiri dan pengembangan skill” pungkas Putri dan Tim

Open chat
Selamat Datang di Website Prodi Teknik Mesin Unsri
Ada yang ingin ditanyakan?
Klik Open chat untuk mengirim pertanyaan melalui pesan WhatsApp