headerphoto

Jaguar: Super Komputer Tercepat di Dunia Saat ini

Selasa, 6 April 2010 10:05:55 - oleh : alantoni

XT5 superkomputer dari Cray Inc atau lebih dikenal dengan nama Jaguar, dinyatakan sebagai Super Komputer Tercepat di Dunia pada tahun ini dalam TOP500 List Super Komputer.

Jaguar dengan menggunakan processor AMD Opteron x86_64 Six Core 2600 MHz (10,4 GFlops) dapat melakukan proses mencapai 1,75 petaflop / s, atau quadrillions dari operasi floating point per detik. Sedangkan dalam posisi kedua adalah diduduki IBM Roadrunner yang menggunakan processor PowerXCell 8i 3.200 MHz (12.8 GFlops) yang hanya mampu melakukan proses 1,04 petaflop / s.

Adapun 10 besar dari Top500 List Super Komputer adalah sebagai berikut :

  • -   Jaguar, Cray, Oak Ridge National Laboratory (1.75 petaflop / s)
  • -   Roadrunner, IBM, Los Alamos National Laboratory (1,04 petaflop / s)
  • -   Kraken XT5, Cray, National Institute for Computational Sciences (832 teraflop / s)
  • -   JUGENE, IBM, Forschungszentrum Juelich (825,5 teraflop / s)
  • -   Tianhe-1, NUDT, Nasional Supercomputer Center di Tianjin (563,1 teraflop / s)
  • -   Pleiades, SGI, NASA Ames Research Center (544,3 teraflop / s)
  • -   BlueGeneL, IBM, Lawrence Livermore National Laboratory (478,2 teraflop / s)
  • -   BlueGene / P, IBM, Argonne National Laboratory (458,61 teraflop / s)
  • -   Ranger, Sun, Texas Advanced Computing Center (433,20 teraflop / s)
  • -   Red Sky, Sun, Sandia National Laboratories (423,9 teraflop / s)

TOP500 melakukan pemeringkatan jajaran super komputer di dunia dengan menggunakan dasar :

  • -   Nworld - Posisi dalam peringkat TOP500
  • -   Produsen - Produsen atau penjual
  • -   Komputer - Jenis diindikasikan oleh produsen atau vendor
  • -   Instalasi Site - Pelanggan
  • -   Lokasi - Lokasi dan negara
  • -   Tahun - Tahun instalasi / update besar terakhir
  • -   Bidang Aplikasi
  • -   # Proc. - Jumlah prosesor
  • -   Rmax - Maksimal kinerja LINPACK dicapai
  • -   Rpeak - Theoretical kinerja puncak
  • -   Nmax - Soal ukuran untuk mencapai Rmax
  • -   N1 / 2 - Soal ukuran untuk mencapai setengah dari Rmax

 

"Superkomputer pemodelan dan simulasi sedang mengubah wajah ilmu pengetahuan dan mempertajam daya saing Amerika," kata Menteri Energi Steven Chu. "Oak Ridge dan lain laboratorium nasional DOE alamat membantu energi utama dan tantangan iklim dan memimpin Amerika menuju masa depan energi yang bersih."

Untuk bersih nomor satu titik di daftar TOP500 tercepat di dunia superkomputer, Cray Jaguar komponen XT5 musim gugur ini ditingkatkan dari empat-inti untuk enam-core dan mengelola sebuah program yang disebut patokan High-Performance Linpack (HPL) pada kecepatan dari 1,759 petaflop / s (kuadriliun floating point operasi, atau perhitungan, per detik). Peringkat yang diumumkan hari ini di Portland di SC09, konferensi superkomputer internasional.

Pada tahun 2004, DOE,s Office of Science ditetapkan untuk menciptakan sebuah fasilitas pengguna yang akan menyediakan dengan ilmuwan terkemuka dunia-alat penelitian komputasional. Satu hasilnya adalah Oak Ridge Kepemimpinan Fasilitas Komputasi, ilmu pengetahuan yang mendukung prioritas nasional melalui penyebaran dan operasi superkomputer yang paling canggih yang tersedia bagi komunitas ilmiah.

"Pusat komputasi kami bekerja sama dengan tim sains untuk secara efektif menggunakan sistem komputer ukuran dan kemampuan ini," kata James Hack, direktur National Center for Computational Sciences Jaguar rumah-rumah yang di Oak Ridge Kepemimpinan Fasilitas Komputasi.

Jaguar layanan mulai tahun 2005 dengan kecepatan puncak 26-teraflop / s (triliun kalkulasi per detik) dan melalui serangkaian upgrade di tahun-tahun selanjutnya diperoleh 100 kali kinerja komputasi. Upgrade dari 37.376 Jaguar XT5 ke enam-core prosesor AMD Istanbul pada tahun 2009 peningkatan kinerja 70 persen lebih dari yang dari quad-core pendahulunya.

Para peneliti memperkirakan bahwa pertumbuhan yang tak terduga ini dalam kapasitas komputasi dapat membantu memfasilitasi perbaikan iklim prediksi, mesin hemat bahan bakar desain, pemahaman yang lebih baik mengenai asal-usul alam semesta dan dasar-dasar kesehatan dan penyakit, dan penciptaan bahan lanjutan untuk produksi energi, transmisi, dan penyimpanan.

Oak Ridge komputasi yang kompleks adalah rumah bagi dua petascale mesin. Selain DOE"s Jaguar sistem, National Institute for Computational Sciences, kemitraan antara University of Tennessee dan ORNL, petascale lain Cray mengoperasikan sistem XT5 dikenal sebagai Kraken, yang menempati peringkat 3 pada daftar TOP500 bulan November pada kecepatan 831,7 teraflops.

"Tujuan dari mesin ini adalah untuk memungkinkan komunitas ilmiah untuk mengatasi masalah yang demikian kompleks sehingga mereka menuntut disetel dengan baik kombinasi dari hardware terbaik, dioptimalkan perangkat lunak, dan komunitas peneliti didedikasikan untuk mengungkapkan fenomena baru melalui pemodelan dan simulasi" kata ORNL Direktur Thom Mason. "Oak Ridge bangga untuk membantu Departemen Energi alamat beberapa dunia yang paling menakutkan tantangan ilmiah."

Simulasi di Jaguar telah terutama difokuskan pada teknologi energi dan perubahan iklim yang dihasilkan dari penggunaan energi global. Para ilmuwan telah meneliti penyebab dan dampak perubahan iklim, kerusakan enzim selulosa untuk meningkatkan produksi biofuel, proses gasifikasi batubara untuk membantu desain industri mendekati nol-emisi tanaman, pembakaran bahan bakar untuk membantu pengembangan mesin yang bersih dan efisien, dan radio gelombang yang panas dan kontrol bahan bakar dalam reaktor fusi.

"Hasil awal menunjukkan bahwa petascale Jaguar akan terus mempercepat Departemen Energi misi terobosan ilmu pengetahuan," kata Jeff Nichols, ORNL associate direktur laboratorium komputer dan ilmu komputer. "Dengan meningkatkan kemampuan komputasi, penelitian ilmiah masyarakat dapat memperoleh hasil lebih cepat, lebih memahami kompleksitas yang terlibat, dan memberikan informasi penting bagi para pembuat kebijakan."

Hack, iklim terkemuka modeler, sependapat. "Kecepatan dan kekuatan komputasi petascale memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi peningkatan kompleksitas dalam sistem dinamis," katanya. Sebagai contoh, ia mengutip pertama di dunia tiba-tiba menampilkan simulasi kontinu perubahan iklim, yang dipimpin oleh para ilmuwan di University of Wisconsin dan National Center for Atmospheric Research. Jaguar berjalan di awal tahun ini, kecepatan komputer memungkinkan untuk menerbitkan hasil oleh Juli di Science.

Melalui Inovatif dan Novel Computational Dampak terhadap Teori dan Experiment (menghasut) program, kepemimpinan DOE fasilitas komputasi di Oak Ridge, dan Argonne laboratorium nasional akan menggunakan proses tinjauan rekan kompetitif untuk mengalokasikan 1,6 milyar prosesor peneliti jam pada tahun 2010. Pada tahun 2009 Oak Ridge Komputasi Sarana Kepemimpinan dialokasikan 470 million prosesor jam Jaguar melalui program menghasut.

Para ilmuwan di industri, akademisi, dan pemerintah telah meminta lebih dari 2 milyar prosesor jam Jaguar untuk 2010.Enam-core upgrade Jaguar akan memungkinkan Oak Ridge untuk mengalokasikan 1 miliar prosesor jam. Dilengkapi dengan kemampuan komputer belum pernah terjadi sebelumnya, para ilmuwan dapat mensimulasikan bahan bahan dan magnetik superkonduktor nanopartikel dengan realisme yang lebih besar. Ilmuwan iklim dapat meningkatkan akurasi, resolusi, dan kompleksitas model sistem Bumi, dan fisikawan dapat mensimulasikan quark dan menjelajahi massa, membusuk, dan properti lainnya dari konstituen dasar materi.

Oak Ridge National Laboratory yang dikelola oleh UT-Battelle untuk Departemen Energi.

 

Daftar Pustaka

www.sciencedaily.com

www.kabarit.com

Sumber : astri

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Komputer Dan Internet" Lainnya