headerphoto

CNC-CAD/CAM Lboratory

 

VISI DAN MISI LABORATORIUM CNC-CAD/CAM
Visi
1. Menjadi Laboratorium Penelitian, Pengujian dan Praktikum yang Terbaik, Bermutu, Tanggung Jawab, Unggul, Aman dan Terjangkau dalam memberikan layanan jasa penelitian, praktikum dan pelatihan bagi civitas Unsri khususnya Dosen dan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT Unsri serta bagi masyarakat umum.
2. Menjadi laboratorium berstandar nasional yang dapat melayani pembelajaran, penelitian dan pelatihan berbasis Programming, Software Application, CAD, CAM, dan CNC.

Misi
1. Mendukung kegiatan Tri Darma di Jurusan Teknik Mesin FT Unsri
2. Meningkatkan validitas pengujian, ketepatan dan kecepatan pengujian.
3. Memberikan layanan jasa penelitian, pengujian, praktikum dan pelatihan bagi civitas Unsri dan masyarakat umum secara baik, unggul, aman dan terjangkau.
4. Menyelenggarakan praktikum dan pelatihan bagi mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang unggul kompetensinya dalam bidang Teknik Produksi.
5. Melayani pelaksanaan penelitian mahasiswa, dosen dan stakeholder untuk menghasilkan publikasi yang layak diterbitkan di jurnal nasional dan international.
6. Meningkatkan kontribusi dan kerja sama dengan berbagai pihak dengan mengembangkan produk hasil inovasi dan kreasi bidang manufaktur di tingkat nasional maupun internasional.

PENGURUS LABORATORIUM
Pengurus laboratorium CNC-CAD/CAM Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Unsri terdiri dari;
Kepala Laboratorium          : Dipl.-Ing. Ir. Amrifan Saladin Mohruni, PhD
Wakil Kepala Laboratorium : Amir Arifin, ST., MT., PhD
Teknisi Laboratorium          : Irwanto

SARANA DAN FASILITAS LABORATORIUM
Laboratorium CNC-CAD/CAM memiliki beberapa ruang yang diperuntukkan untuk praktikum, penelitian, perkuliahan, pelatihan serta ruang pengurus bagi staf dan dosen.
Sedangkan fasilitas yang dimiliki antara lain:
1. Mesin CNC EMCO TU 2A.
2. Mesin CNC EMCO TU 3A.
3. Mesin EMCO Compact 5
4. Training Module: Festo Pneumatic.
5. Air Compressor.
6. Personal Computer for CAD/CAM.
7. Printer.
8. Thome Coordinate Measuring Machine (CMM)
9. Measuring microscope STM6-LM
10. Accretect Handsurf.

DEKSRIPSI KEGIATAN
Secara garis besar ada 4 kegiatan yang dilakukan di Laboratorium CNC-CAD/CAM ini, yaitu; perkuliahan, penelitian, praktikum dan pelatihan.

1. Perkuliahan. Perkuliahan yang diselenggarakan di laboratorium ini hanya dilakukan untuk mata kuliah KBK Produksi yang ada kaitannya dengan Manufaktur terutama seperti mata kuliah ; CAD/CAM, CIM, Pemrograman CNC, Sistem Produksi, Proses Pemesinan dan Mesin Perkakas Konvensional.
2. Penelitian. Jenis penelitian yang bisa dilakukan di laboratorium ini adalah semua jenis penelitian yang pengambilan dan pengujian datanya bisa menggunakan fasilitas yang ada di laboratorium seperti Mesin CNC TU 2A dan TU 3A, CMM, Mikroskop Elektronik, Pneumatik Kit, Software application dan Alat Ukur kekasaran permukaan.
3. Praktikum. Sampai saat ini praktikum yang selalu diadakan di laboratorium ini setiap tahunnya yaitu Praktikum Pemrograman Mesin CNC-CAD/CAM. Dalam praktikum ini siswa diajak untuk mempraktikkan keahliannya tentang pemrograman mesin CNC dengan menggunakan Mesin CNC TU 2A dan CNC TU 3A. Selain itu dalam praktikum ini mahasiswa juga diuji kemampuan dalam menggambar menggunakan AutoCAD. Dengan adanya praktikum tersebut diharapkan mahasiswa mampu dalam menggunakan dan mengoperasikan Mesin CNC TU 2A dan CNC TU 3A serta mampu menggambar dengan menggunakan program AutoCAD.
4. Pelatihan. Jenis pelatihan yang diadakan di laboratorium ini meliputi Pelatihan Drafter dengan AutoCAD 2 dimensi dan 3 dimensi, Pelatihan pemrograman Microsoft Visul Basic, dan Pelatihan pengoperasian mesin CNC TU 2A dan CNC TU 3A. Kedepan jenis pelatihan ini akan ditambah dengan pelatihan penggunaan mesin CMM, pneumatic kit, mikroskop elektronik dan alat pengukuran kekasaran permukaaan.